Rabu, 04 Desember 2013

Modifikasi charger HP menjadi power supply 12v

Hello agan tukang solder,
Dirumah anda banyak charger HP nganggur?
Ketimbang dibuang bisa dimanfaatin buat bikin power supply 12v tapi arusnya kecil lho sesuai spec chargernya sekitar 0,5 - 1A.
Oiya tips ini hanya berlaku untuk power supply sistem SMPS dengan feedback correction ya!
Perhatikan gambar khususnya bagian feedback correction, disana ada Rcorr1 dan Rcorr2 resistor inilah yang berfungsi memberikan feedback seberapa besar tegangan output ke bagian osilator melalui optocoupler.
Kedua R ini menjadi sebuah pembagi tegangan untuk correction component (bisa berupa IC) jika Rcorr2 diperkecil maka tegangan output akan naik.
Pada percobaan charger samsung Rcorr1 nilainya 2K2ohm dan  Rcorr2asli 2K2ohm saya paralel 1Kohm untuk Rcorr2 output menjadi 12,6v.

Untuk charger lain silahkan dievaluasi nilai yang cocok ya!

Semoga berguna,
Eiscell

13 komentar:

  1. Balasan
    1. 1 transistor gimana ya?
      Kalau yg model tanpa feedback optocoupler biasanya pakai zener untuk rangkaian regulatornya.
      silahkan ganti nilai zener yg sesuai.

      Hapus
  2. Wah ktmu jg yg ane cari slama ni,0ya gan lw carger mrek adss yg hrz dgnti yg mana ya gan, msh bingung nih ma tutor yg diatas, mklum newbie gan,lw bs tutor lansung pke fto asli cargernya ja biar simple bg yg gk bgt tw alat elextro kya ane, . ,
    trims

    BalasHapus
  3. Moantap gan, mampir n coment balik yuk.....!!!

    BalasHapus
  4. Merubah teg cas hp jd teg 12v output gmn min..

    BalasHapus
  5. Bikin teg cas hp jd teg 12v out.mhn arahannya mksh.

    BalasHapus
  6. Supaya teg dobel 5v dan 12v bgmana

    BalasHapus
  7. Permisi gan,
    Saya mw mnta bantuan nih, saya pasang inverter pd mobil saya dg kapasitas bertuliskan 1500 watt,... Tapi kenapa kok ketika saya menghidupkan Hairdryer yg mengkonsumsi 150v itu tidak ngangkat alias hairdryernya tdk bekerja sempurna, lemot sekali ...
    Dihati saya bertanya, baru satu alat saja sdh tdk kuat ngangkat padahal katanya 1500 watt, bagaimana kalau saya menggunakan alat yg watnya lebih besar ?...
    Pertanyaan saya, bagaimana menstabilkan inverter agar sesuai dengan yg tertulis yaitu 1500w,... Atau kalau perlu merubah rangkaian agar wattnya bisa lebih besar lagi.
    Mohon ya gan berikan penjelasan yg detail agar saya mengerti, dan mohon bantuannya komponen apasaja yg harus saya ganti.
    Terimakasih.

    BalasHapus
  8. Rcorr-1 tetap 2k2..
    Rcorr-2 2k2 diturunkan jadi 1k..
    Nah di skema sampean jg ada dioda zenernya mas...
    Apakah tidak perlu diganti juga dgn zener 12 volt???

    BalasHapus
  9. Tuan rumah lagi ngopi diwarung sobat,makanya ga dijwb.

    BalasHapus
  10. Apa cuma rcornya aja yg diganti mase ?

    BalasHapus
  11. Apa cuma rcornya aja yg diganti mase ?

    BalasHapus

silahkan tulis komentar anda disini